Ukuran Besarnya Zakat Fitrah Yang Wajib Dikeluarkan Oleh Seorang Muslim

Ukuran Besarnya Zakat Fitrah Yang Wajib Dikeluarkan

Zakat fitrah merupakan simbol kepedulian, tolong-menolong, membantu sesama dan berbagai kebahagiaan yang harus dijalankan oleh setiap muslim dengan ukuran besarnya zakat fitrah yang tidak terlalu besar. Hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh orang kaya atau orang yang memiliki kelebihan harta namun ia juga bisa dilakukan oleh orang biasa asalkan mempunyai kelebihan makanan untuk sehari semalam bagi diri sendiri dan keluarganya pada waktu terbenam matahari sampai akhir bulan ramadhan.

Ukuran Besarnya Zakat Fitrah Yang Wajib Dikeluarkan Oleh Seorang Muslim

Ukuran Besarnya Zakat Fitrah

Ukuran Besarnya Zakat Fitrah

Islam menghendaki adanya rasa kepedulian bagi setiap muslim secara merata baik yang kaya atau pun golongan biasa, sehingga ukuran besarnya zakat fitrah yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim tidaklah besar, hanya 1 sha’ saja, yakni kurang lebih 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok di daerah tersebut. hal tersebut sesuai dengan tujuan utama zakat bagi setiap muslim.

Ukuran tersebut tentunya bukanlah ukuran takaran yang besar, rasanya siapapun pasti mampu untuk mengeluarkannnya. Jika kita termasuk golongan yang memiliki kelebihan harta yang banyak maka kita bisa menambahkan jumlah ukuran zakat, hanya saja itu bentuknya hanya sedekah saja.

Ciri-ciri Zakat Fitrah

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai zakat fitrah tersebut, berikut ini adalah beberapa ciri zakat fitrah :

  • Kewajiban bagi setiap orang muslim, buakan zakat atas harta (mal).
  • Tidak diwajibkan bagi orang kaya saja, ia juga diwajibkan bagi setiap muslim yang merdeka, hamba sahaya, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan, selama masih memiliki jatah lebih dari makanan pokok dari malam ‘id dan hari ‘id bagi dirinya dan keluarganya maka ia wajib zakat.
  • Bukan hanya kewajiban dagi dirinya sendiri melainkan juga bagi keluarganya yakni anak, istri dan semua orang yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Dari ukuran besarnya zakat fitrah tidaklah besar sehingga ia bisa dijangkau oleh mayoritas muslim. Hal ini sebagaimana tujuan yang hendak dicapai dalam kewajiban membayar zakat yakni melatih setiap muslim untuk selalu bersedekah baik di waktu senang maupun susah.

Demikianlah pemaparan mengenai berapa ukuran besarnya zakat fitrah yang wajib dikeluarkan dan bagaimana ciri-ciri dari zakat fitrah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.