Begini Kriteria Wanita Yang Baik Menurut Islam Sehingga Pantas Untuk Dinikahi

Wanita Yang Baik Menurut Islam Yang Pantas Untuk Dinikahi

Wanita Yang Baik Menurut Islam tentunya akan menjadi dambaan dan impian kita sebagai muslim manakala nanti kita hendak berkeluarga. Pada dasarnya rasulullah telah menjelaskan hendaknya kita Menikahi wanita karena 4 perkara sebagaimana yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Jika dilihat berdasarkan artikel sebelumnya maka jelas bahwa wanita menurut pandangan islma yang pentas untuk dinikahi adalah dengan melihat empat kriteria, yakni dari segi hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya.

Menjadi wanita yang baik menurut islam tentunya menjadi dambaan bagi setiap muslimah karena wanita yang baiklah yang akan mendapatkan keridhoan Allah swt. Ada banyak kriteria wanita (istri) yang baik menurut pandangan islam, yang dijelaskan disini hanyalah intinya saja bahwa istri atau wanita yang baik menurut islam sesuai yang dijelaskan dalam surtat an-nisa ayat 34 sebagai berikut :

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا ٣٤

34. kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.

Ayat di atas merupakah salah satu surat yang sering dibaca saat pembukaan acara akad nikah oleh qori. Ada tiga point penting pada ayat di atas berdasarkan sudut pandang wanita yang baik menurut islam yaitu :

1. Taat kepada Allah, ini jelas menjadi hal yang paling urgent bagi setiap wanita yang baik.

2. Memelihara diri, adapun maksud dari memelihara diri disini ialah tidak Berlaku curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya. Jika seorang istri telah berbuat curang maka tidak akan ada kebahagiaan dalam rumah tangga.

3. Nusyuz, secara bahasa, Nusyûz berarti penentangan atau lebih umumnya adalah pelanggaran istri terhadap perintah dan larangan suami secara mutlak. Istri yang baik tentunya adalah seorang istri yang taat pada suaminya selain taat kepada Allah swt.

Pemaparan mengenai Wanita Yang Baik Menurut Islam Sehingga Pantas Untuk Dinikahi di atas tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, baik itu dari pihak suami maupun pihak istri. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.